Evaluasi Pengalaman Pembelajaran Daring Berbasis Praktikum dengan Kualitas Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan UEQ Scales

Main Article Content

Muhamad Nabil Oktanuryansyah
Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat
Achmad Syarief
Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat

Latar Belakang: Mahasiswa pada program sarjana Desain Komunikasi Visual umumnya mempelajari mata kuliah berbasis praktikum, karena mereka membutuhkan kemampuan kerja tangan untuk mengimplementasikan dasar pemahaman teoritik ke dalam suatu perancangan karya desain.


Tujuan: Mengukur efektivitas pembelajaran praktikum secara daring dan menganalisis hubungan pengalaman pengguna dengan kualitas belajar yang dihasilkan.


Metode: Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan instrument penelitian UEQ Scales dan nilai UTS mahasiswa untuk mengetahui hubungan relasional yang dimiliki.


Hasil: Menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara daring belum berjalan dengan efektif dan aspek pengalaman pengguna memiliki pengaruh dengan kualitas belajar yang dihasilkan.


Kesimpulan: Aspek pengalaman pengguna yang dimiliki pada perkuliahan praktikum secara daring mempengaruhi kualitas hasil belajar yang dihasilkan. Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan kesan pengalaman pembelajaran yang menyulitkan, kemudian diikuti dengan penurunan nilai tugas mahasiswa.


Keywords: Pengalaman pengguna, pembelajaran praktik daring, & kualitas hasil belajar mahasiswa