Strategi dan Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Pendidikan Islam

Main Article Content

Ana Novitasari
Universitas Muhammadiyah Malang
Ahmad Fauzi
Universitas Muhammadiyah Malang
Muhammad Barkah H.W
Universitas Muhammadiyah Malang

Latar Belakang: Hubungan masyarakat adalah suatu rancangan atau sesuatu yang terstruktur dalam menjaga hubungan antara sebuah lembaga atau organisasi dengan masyarakat.


Tujuan: Melahirkan generasi yang terbaik dalam menghadapi persoalan yang terjadi di masyarakat.


Metode: Pada penelitian ini, penulis menggunakan jenis/pendekatan penelitian yang berupa penelitian kepustakaan (library research), penelitian kepustakaan atau biasa disebut dengan studi pustaka adalah serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian.


Hasil: Peran lembaga pendidikan atau sekolah yaitu sebagai tempat untuk mendidik, membekali, mengembangkan potensi para generasi muda untuk masa depan, sedangkan masyarakat adalah tempat pengimplikasian dari aktivitas pendidikan tersebut. Manajemen merupakan suatu hal yang penting bagi sebuah lembaga, karena didalamnya terdapat strategi dan teknik serta untuk mencapai tujuan suatu lembaga tersebut.


Kesimpulan: Hubungan suatu lembaga dan masyarakat haruslah terjalin dengan harmonis, agar lembaga pendidikan atau sekolah mendapatkan suatu kepercayaan dan dukungan dari masyarakat dalam mengembangkan lembaga tersebut.


Keywords: masyarakat; lembaga; sekolah; manajemen.