Evaluasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

Main Article Content

Fitra Tamami
MTsN 4 Jombang, Jawa Timur

Latar Belakang: Pembelajaran di era pandemi adalah sebuah tantangan baru dalam dunia pendidikan. Selama berjalan setahun lebih pandemi COVID-19  ini pembelajaran di sekolah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan (daring).


Tujuan: Mengevaluasi bagaimana pembelajaran secara daring dalam masa pandemi.


Metode: Menggunakan metode observasi selama proses pembelajaran dan kuesioner di akhir tahun pelajaran untuk mendapat data dari sampel peserta didik dan wali peserta didik. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif.


Hasil: Kegiatan pembelajaran tatap muka sangat dibutuhkan bagi peserta didik, guru dan juga orang tua atau wali peserta didik. Meskipun situasi dan kondisi masih dalam masa pandemi pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan dengan tetap menerapkan disiplin ketat protokol kesehatan.


Kesimpulan: Pembelajaran tatap muka sebagai penguat hubungan guru dan peserta didik seperti hubungan ayah dan ibu dengan anak serta untuk optimalisasi proses pembelajaran menjadi sangat penting dan harus segera dilaksanakan.