Peranan Manajemen Pendidikan Islam dalam Era Pendidikan Kontemporer

Main Article Content

Laras Safila Anaya
Universitas Muhammadiyah Malang
Fakhirah Fakhirah
Universitas Muhammadiyah Malang
Qonita Farhana
Universitas Muhammadiyah Malang

Latar Belakang: Manajemen merupakan proses perencanaan, pengorganisasian, dan pemakaian sumber daya demi tercapainya tujuan perusahaan yang telah ditetapkan. Manajemen, pada dasarnya, bukan hal-hal baru dalam kehidupan manusia. Senior, manusia sudah belajar. Secara ilmiah, pemerintahan baru dirumuskan pada awal abad ke-19, tetapi laktik telah berlanjut selama ribuan tahun.


Tujuan: Menumbuhkan kesadaran manusia agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berakhlak mulia dalam era pendidikan kontemporer.


Metode: Menggunakan penelitian kualitatif deskriptif menggunakan pendekatan deskriptif studi keperpustakaan (Library research).


Hasil: Bahwasanya manajemen merupakan suatu bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan itu bersama-sama menggandengangan satu sama lain dengan tahapan-tahapan tertentu.


Kesimpulan: Pendidikan Islam di Era Kontemporer merupakan pendidikan rahmatan lil alamin yang mampu menjadikan pendidikan Islam sebagai penggerak, contoh baik, dan juga memberikan perubahan baik untuk dunia dan seisinya. Dalam hal tersebut tentu dibutuhkannya manajemen agar dapat berjalan dengan lancar, maka sesuatu yang akan kita lakukan harus dibentuknya manajemen pendidikan Islam agar semua rencana berjalan dengan baik dan juga terorganisir.


Keywords: manajemen; pendidikan Isla; pendidikan kontemporer.