Pengaruh Manajemen Kesiswaan Terhadap Hasil Belajar Siswa di Lembaga Pendidikan Islam

Main Article Content

M Ferdy Daryono
Universitas Muhammadiyah Malang
Anita Miqnaul Lailiyah
Universitas Muhammadiyah Malang
Meila Weeke Alfulana
Universitas Muhammadiyah Malang

Latar Belakang: manajemen kesiswaan adalah suatu proses pengelolaan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan seorang siswa dalam lembaga pendidikan tertentu. Dimulai dari penerimaan siswa, proses proses pembelajaran hingga kelulusan siswa selama belajar dalam lembaga pendidikan tertentu.


Tujuan : Untuk mengetahui penerapan manajemen kesiswaan terhadap hasil belajar siswa dalam lembaga pendidikan Islam.


Metode: Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yakni dengan memaparkan fenomena masalah yang terjadi dan masalah tersebut kemudian diteliti pada saat ini atau keadaan sekarang dengan tujuan mencari jawaban tentang pemecahan masalah tersebut.


Hasil: Manajemen pendidikan sangat penting yang berguna dalam menunjang keberhasilan terhadap proses belajar mengajar dan dapat meningkatkan tingkat prestasi dari para siswa, serta dapat meningkatkan hasil belajar dari siswa tersebut.


Kesimpulan: Manajemen kesiswaan ini sangat penting untuk meningkatkan konsep manajemen kesiswaan dalam lembaga pendidikan Islam harusnya tertata dengan baik dan terstruktur, agar dapat mempermudah terlaksanakannya proses belajar mengajar hasil belajar siswa dalam lembaga pendidikan islam.


Keywords: manajemen; kesiswaan; lembaga pendidikan Islam.