Kepemimpinan Pendidikan Menurut Prespektif Al-Qur’an

Main Article Content

Utari Langeningtias
Universitas Muhammadiyah Malang
Nidya Ulfah
Universitas Muhammadiyah Malang
Ana Novitasari
Universitas Muhammadiyah Malang

Latar Belakang: Kepemimpinan pendidikan islam yang dilihat dari presepktif Al-Qur’an dalam suatu organisasi, pemimpin memiliki tanggung jawab yang besar dalam kesuksesan suatu organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan berdasarkan Al-Quran dan Hadist


Tujuan: menguraikan lebih jelas tentang pengertian, konsep, teori, unsur, karakteristik dan penerapan sikap pemimpin dalam prespektif Al-Qur’an.


Metode: Menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research) dan studi literatur. Disebut penelitian perpustakaan karena data-data atau bahan-bahan yang diperlukan dalam penyelesaian  artikel ini berasal dari perpustakaan baik buku, jurnal dan lain sebagainya.


Hasil: Kepemimpinan dengan prespektif Al-Qur’an menciptakan perubahan yang efektif sehingga dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan yang berdasarkan dengan nilai-nilai Al-Qur’an dan Sunnah


Kesimpulan: Konsep Islam tentang kepemimpinan adalah menjadi pemimpin yang ideal dengan kemampuan untuk mengarahkan, memotivasi, menggerkana, melatih, memerintah, mengatur agar organisasi dapat berjalan dengan baik agar dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan yang berdasarkan dengan nilai-nilai Al-Qur’an dan Sunnah


Keywords: kepemimpinan; kepemimpinan pendidikan; kepemimpinan pendidikan Islam.