Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membina Akhlak Siswa di SMPN 1 Cibarusah Bekasi

Main Article Content

Sholihin Agung
STIT INSIDA Jakarta

Latar Belakang: Akhlak merupakan salah satu fondasi utama untuk membentuk manusia yang mempunyai kecerdasan, bukan hanya kecerdasan dalam ilmu, tetapi juga secara mental dan spiritual.


Tujuan: Mengetahui peran guru PAI dalam pengembangan akhlak siswa di SMP Negeri 1 Cibarusah Bekasi.


Metode: Menggunakan metode Deskriptif Kualitatif yang informasinya ditemukan di tempat pengamatan. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi serta dokumentasi. Setelah itu, data diolah secara cermat berdasarkan fakta-fakta yang ditemukan di tempat pengamatan.


Hasil: Guru Agama Islam di SMPN 1 Cibarusah Bekasi berperan aktif dalam pembinaan perilaku siswa pada semua aspek kegiatan di sekolah, khususnya kegiatan keagamaan. Hal ini dibuktikan dengan program pengembangan perilaku siswa yang telah diterapkan dengan baik oleh para guru Pendidikan Agama Islam.


Kesimpulan: Guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Cibarusah berperan penting dalam membina akhlak siswa yang meliputi semua aspek pendidikan akhlak. Beberapa siswa masih ada yang melakukan pelanggaran peraturan sekolah maupun norma agama. Dengan adanya program pembinaan akhlak siswa yang dilakukan para guru Pendidikan Agama Islam, akhlak siswa perlahan berubah menjadi baik.


Keywords: guru pendidikan agama Islam; akhlak.