Civics Caring Apps: Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Mutiara Imtisyal Ammatulloh Universitas Pendidikan Indonesia
  • Noviani Permana Universitas Pendidikan Indonesia
  • Rizwan Firmansya Universitas Pendidikan Indonesia
  • Lussy Nur Sha’adah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Zahra Ihsani Izzatunnis Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dwi Iman Muthaqin Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.266

Keywords:

monitoring peserta didik; karakter; civics caring apps.

Abstract

Latar Belakang: Kemunculan pandemi COVID-19 telah memberikan pengaruh terhadap berbagai lini kehidupan, termasuk dalam aspek pendidikan. Pembelajaran dilakukan secara daring (dalam jaringan), sehingga interaksi antara guru dan siswa sangatlah terbatas. Selain terhambatnya penanaman aspek kognitif, internalisasi nilai-nilai karakter pun ikut terhambat. Sehingga dibutuhkan sebuah media edukatif berbasis pendidikan karakter yang tidak terbatas ruang dan waktu. Civics Caring Apps menyajikan skema penanaman nilai-nilai karakter yang diintegrasikan dengan games edukatif sehingga sesuai dengan minat serta kebutuhan peserta didik.

Tujuan: Untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi guru dalam menginternalisasi nilai-nilai karakter kepada peserta didik meskipun pembelajaran dilakukan secara daring.

Metode: Menggunakan metode penelitian model Design and Development (D&D) atau desain dan pengembangan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur, wawancara dan angket.

Hasil: Bahwa akhir penelitian ini adalah task user, bukti perubahan karakter peserta didik, prototype design dan aplikasi android dalam memberikan pemahaman nilai karakter dengan user experience yang baik serta tampilan konten yang interaktif sehingga membuat peserta didik termotivasi untuk mengimplementasikan setiap nilai karakter positif yang dipelajarinya.

Kesimpulan: proses pembelajaran daring (dalam jaringan) telah menghambat proses internalisasi pendidikan karakter pada peserta didik. Kehadiran Civics Caring Apps telah terbukti dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembentukan karakter peserta didik pada masa COVID-19.

Downloads

Published

2021-08-25

How to Cite

Imtisyal Ammatulloh, M., Permana, N., Firmansya, R. ., Nur Sha’adah, L. ., Ihsani Izzatunnis, Z. ., & Iman Muthaqin, D. (2021). Civics Caring Apps: Media Pembelajaran M-Learning Berbasis Android untuk Pembentukan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1408–1419. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.266