Efektivitas Belajar Anak Usia Dini pada PAUD Miftahul Ulum di Masa Pandemi COVID-19

Main Article Content

Endang Mulyaningsih
Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
Rhoma Iskandar
Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

Latar Belakang:  Pandemi COVID-19 menjadikan perubahan sistem pembelajaran pada pendidikan dimana pendidik harus mampu berinovasi dalam pembelajaran menggunakan metode daring yang menggunakan internet  untuk mengantisipasi terjadinya penularan virus COVID-19 khususnya pada anak usia dini.Sehingga yang semula normal belajar tatap muka dikelas menjadi belajar daring atau online.


Tujuan. Dengan disiplin baik dari pihak pendidik,peserta didik dan orang tua  dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara online maupun home visit. Maka akan diketahui efektivitas belajar anak usia dini disaat pandemic COVID-19.


Metode: Menggunakan metode kualitatif dengan penelitian tindakan kelas.


Hasil: Dalam penelitian ada beberapa kendala diantaranya, jaringan, penggunaan gadget (kurangnya memahami penggunaan aplikasi pada gadget untuk pembelajaran daring), serta faktor ekonomi dari  keluarga. Salah satu solusi yang dilakukan pada PAUD Miftahul Ulum Gunung Sindur Bogor dengan menggunakan metode home visit. Dalam metode video call pembelajaran dapat dilakukan secara efektif dan juga tidak memberatkan orang tua, tanpa mengurangi protocol kesehatan yang dilakukan pada masa pandemic COVID-19 ini. Dalam pembelajaran video call pendidik juga mendapatkan informasi tentang anak didik dan orang tua  secara langsung, serta bisa membangun hubungan timbal balik antara orang tua , anak didik, dan pendidik. Secara tidak langsung pendidik juga mendapatkan informasi tentang latar belakang sosial, ekonomi yang terdapat dalam keluarga anak didik tersebut, dan bisa memecahkan masalah dan hambatan anak didik secara komprehensif.


Kesimpulan: Pembelajaran yang efektif di masa pandemic khususnya di PAUD Miftahul ulum adalah dengan menggunakan pembelajaran daring melalui media Whatsapp and video call karena dengan metode baik orang tua maupun anak didik mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik.


Keywords: efektivitas, pembelajaran, anak usia dini