Peran Profesionalitas Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Bidang Studi Al Quran Hadits di Madrasah Aliyah

Main Article Content

Waidi Waidi
STKIP NU Tegal, Jawa Tengah, Indonesia

Latar Belakang: Dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru sangat membutuhkan bahan ajar sebagai acuan dalam memberikan materi pelajaran begitu pula siswa membutuhkan panduan dan pedoman guna mempelajari materi yang diberikan guru agar siap menerima materi yang akan disampaikan oleh guru.


Tujuan: (1) Bagaimana profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA Al Ikhlas Jatinegara Tegal? (2) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MA Al Ikhlas Jatinegara Tegal? (3) Bagaimana peran profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MA Al Ikhlas Jatinegara Tegal?. Adapun tujuan dari pembahasan di atas adalah untuk mengetahui (1) Profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di MA Al Ikhlas Jatinegara Tegal. (2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MA Al Ikhlas Jatinegara Tegal. (3) Peran profesionalitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengembangkan bahan ajar Al-Qur’an Hadits di MA Al Ikhlas Jatinegara Tegal.


Metode: Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran AlQur’an Hadis, kepala MA Al Ikhlas Jatinegara Tegal dan siswa kelas X, dan analisis data penelitian ini menggunakan triangulasi data.


Hasil: Bahwa dengan dikembangkannya Bahan Ajar Al-Qur’an Hadis dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan dapat menyampaikan materi dengan baik dan terstruktur. Sehingga siswa mudah mencerna materi yang disampaikan guru dan dapat mempelajarinya dengan semaksimal mungkin. Suasana seperti ini dapat meningkatkan mutu belajar dan kualitas belajar siswa, sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih memuaskan.


Kesimpulan: tuntutan profesionalisme guru menjadi penting dalam menjalankan aktivitas pembelajaran. Oleh karena dalam peningkatan pengembangan pembelajaran Al Quran Hadits ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas  dan mutu belajar siswa.


 


Keywords: profesionalitas, guru PAI , bahan ajar , Al-Qur’an Hadits