Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam pada Era Globalisasi

Main Article Content

Fauziyyah Nur Azmi Nst
Universitas Muhammadiyah Malang
Delpi Aprilinda
Universitas Muhammadiyah Malang
Alim Putra Budiman
Universitas Muhammadiyah Malang

Latar Belakang: Pada hakikatnya, kesuksesan sebuah lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh cara dalam memanajemen lembaga itu sendiri. Sejatinya sebuah lembaga pendidikan yang baik harus dikelola dengan manajemen yang baik pula. Seiring bertambahnya zaman, cara memanajemen pendidikan Islam juga akan berbeda. Cara manajemen pendidikan yang baik yaitu dengan menyesuaikan zamannya, seperti era globalisasi saat ini.


Tujuan: Untuk mengenal manajemen pendidikan Islam lebih dalam, dan mengetahui cara-cara memanajemen pendidikan Islam di era globalisasi.


Metode: Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research.


Hasil: Terbentuknya sikap remeh dan acuh terhadap pendidikan Islam yang disebabkan oleh dampak negatif dari perkembangan teknologi, hal ini tentu tidak boleh dibiarkan. Oleh karena itu, artikel ini membahas tentang urgensitas manajemen pendidikan Islam di era globalisasi yang berisikan cara-cara memanajemen pendidikan Islam dengan baik di era globalisasi sekarang ini.


Kesimpulan: Manajemen sangat dibutuhkan dan penting dalam perencanaan mewujudkan suatu pendidikan yang ideal dengan mengikuti adanya perkembangan zaman namun eksistensi dalam manajemen pendidikan Islam tidak boleh hilang.


Keywords: urgensitas; manajemen pendidikan; globalisasi.