Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam pada Era Globalisasi

Authors

  • Fauziyyah Nur Azmi Nst Universitas Muhammadiyah Malang
  • Delpi Aprilinda Universitas Muhammadiyah Malang
  • Alim Putra Budiman Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.249

Keywords:

urgensitas; manajemen pendidikan; globalisasi.

Abstract

Latar Belakang: Pada hakikatnya, kesuksesan sebuah lembaga pendidikan sangat dipengaruhi oleh cara dalam memanajemen lembaga itu sendiri. Sejatinya sebuah lembaga pendidikan yang baik harus dikelola dengan manajemen yang baik pula. Seiring bertambahnya zaman, cara memanajemen pendidikan Islam juga akan berbeda. Cara manajemen pendidikan yang baik yaitu dengan menyesuaikan zamannya, seperti era globalisasi saat ini.

Tujuan: Untuk mengenal manajemen pendidikan Islam lebih dalam, dan mengetahui cara-cara memanajemen pendidikan Islam di era globalisasi.

Metode: Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan library research.

Hasil: Terbentuknya sikap remeh dan acuh terhadap pendidikan Islam yang disebabkan oleh dampak negatif dari perkembangan teknologi, hal ini tentu tidak boleh dibiarkan. Oleh karena itu, artikel ini membahas tentang urgensitas manajemen pendidikan Islam di era globalisasi yang berisikan cara-cara memanajemen pendidikan Islam dengan baik di era globalisasi sekarang ini.

Kesimpulan: Manajemen sangat dibutuhkan dan penting dalam perencanaan mewujudkan suatu pendidikan yang ideal dengan mengikuti adanya perkembangan zaman namun eksistensi dalam manajemen pendidikan Islam tidak boleh hilang.

Downloads

Published

2021-08-21

How to Cite

Nur Azmi Nst, F., Aprilinda, D. ., & Budiman, A. P. . (2021). Urgensitas Manajemen Pendidikan Islam pada Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(08), 1320–1331. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i08.249