Improving Student Reading Comprehension Through Cooperative Learning (Snowball Throwing) at Senior High School

Main Article Content

Natasya Meyla Mufida
University of Surabaya, Indonesia

Latar Belakang: Membaca merupakan salah satu keterampilan dasar dalam bahasa Inggris. Namun untuk melakukan kegiatan membaca juga harus memerlukan cara yang benar agar pembaca dapat memahami isi bacaan. Penelitian ini menggunakan metode lempar bola salju sebagai teknik pemahaman membaca. Teknik ini dilakukan secara berkelompok sehingga diperlukan kerjasama yang tinggi.


Tujuan: Meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif melalui permainan lempar bola salju. Desain penelitian ini berupa data kualitatif.


Metode: Menggunakan metode pembelajaran kooperatif.


Hasil: Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif dengan permainan lempar bola salju dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa dan juga memudahkan siswa dalam mengerjakan soal dan jawaban.


Kesimpulan: Dalam metode pembelajaran kooperatif siswa diajarkan secara rinci dalam menganalisis bacaan tetapi dengan cara yang lebih mengasyikkan dan tidak terlalu didorong dalam buku. Dengan cara ini siswa akan merasa lebih bebas, tidak tertekan dan suasana belajar akan jauh lebih santai dan tidak membosankan sehingga siswa akan lebih mudah menyerap pembelajaran yang diberikan oleh peneliti.


Keywords: Improve reading skills, Group study, Ball throwing game