Pengembangan LKPD Berbasis PBL Berorientasi Hots untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar

Main Article Content

Dewi Saraswati
Universitas Lampung, Lampung, Indonesia
I Wayan Distri
Universitas Lampung, Lampung, Indonesia
Alben Ambarita
Universitas Lampung, Lampung , Indonesia

Latar Belakang: Dalam peningkatan pembelajaran agar mutu peserta didik lebih berkualitas dipelukan pengajaran serta sarana dan prasarana yang baik yang dapat membantu peserta didik memaknai belajarnya. Akan tetapi kenyataannya penerapan pembelajaran yang bermakna serta sarana dan prasarana pendidikan yang ada di sekolah-sekolah saat ini masih kurang memadai.


Tujuan: Mengembangkan LKPD berbasis problem based learning berorientasi high order thinking skills untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik dan mengetahui kelayakan LKPD.


Metode: Menggunakan metode (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah empat orang guru kelas V dan 28 siswa SD IT Smart Insani. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.


Hasil: Validasi tiga dosen ahli menyatakan bahwa LKPD layak digunakan dengan kategori sangat valid (82,80%). Teknik analisis data keefektifan produk pada uji coba lapangan menggunakan uji independent sample t-Tes. Hasil uji coba terbatas pada 14 siswa menunjukkan LKPD praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. LKPD hasil pengembangan praktis digunakan oleh siswa dengan kategori “sangat praktis” (88,94%) dan oleh guru dengan kategori “sangat praktis” (93,75%). Hasil uji coba lapangan yang dilakukan pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa LKPD efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang ditunjukkan oleh hasil analisis Independent t-Tes bahwa terdapat perbedaan signifikan terhadap rata-rata hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik (0,012 < 0,05) antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, LKPD yang telah dikembangkan dikatakan layak digunakan untuk kelas V SD.


Kesimpulan: Berdasarkan validitas dan uji coba yang dilakukan kepada respondent menunjukkan bahwa LKPD bisa dikembangkan serta digunakan untuk pembelajaran kelas V SD


Keywords: LKPD, problem based learning, high order thinking skills