Implementasi Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Cabang Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok

Authors

  • Martinus Handoko Prastowo SDN Kanung 02 Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.122

Keywords:

pendidikan; media pembelajaran; lompat jauh.

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai media bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk menyampaikan atau menyebar ide, gagasan, atau pendapat sehingga ide, gagasan atau pendapat yang dikemukakan itu sampai pada penerima yang dituju. Media pembelajaran sebagai suatu alat bantu dalam proses belajar dan pembelajaran adalah suatu kenyataan yang tidak bisa dipungkiri keberadaannya. Guru sadar bahwa tanpa bantuan media, maka materi pembelajaran sukar untuk dimengerti dan dipahami oleh siswa, terutama pembelajaran yang rumit dan kompleks pembelajaran yang memerlukan media pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan di SDN Kanung 02 Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V SDN Kanung 02 Kecamatan Sawahan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini didapatkan kenaikan nilai belajar yang sangat berarti atau positif. Data dari  temuan awal ke siklus I dan siklus II selalu mengalami peningkatan nilai.  Dengan kegiatan pendukung berupa teknik melakukan lompat jauh gaya  menggantung dengan benar pada siklus I mengalami peningkatan hasil  sebesar 14,76 Sedangkan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3,34.  Dari temuan awal ke siklus II meningkat sampai 18,10.

Downloads

Published

2021-03-25

How to Cite

Martinus Handoko Prastowo. (2021). Implementasi Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Cabang Olahraga Lompat Jauh Gaya Jongkok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(03), 445–458. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i03.122