Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.236Keywords:
manajemen berbasis madrasah; manajemen pendidikan islam.Abstract
Latar Belakang: Pentingnya manajemen berbasis Madrasah dan isu-isu yang terkait dengan manajemen kurikulum di Madrasah untuk kelancaran proses pembelajaran pada suatu lembaga pendidikan.
Tujuan: Mengetahui tentang pengertian manajemen pendidikan Islam, manajemen kurikulum, kemahasiswaan, infrastruktur, keuangan dan tantangan manajemen Madrasah. Artikel ini mengadopsi penelitian kepustakaan.
Metode: Menggunakan penelitian kepustakaan (Library Research). Disebut penelitian kepustakaan karena data atau bahan yang dibutuhkan untuk melengkapi artikel ini berasal dari perpustakaan, baik buku, jurnal dan sebagainya.
Hasil: Mendeskripsikan Madrasah dan problematika, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen kesiswaan, manajemen keuangan serta tantangan manajemen.
Kesimpulan: Pentingnya manajemen untuk kelancaran proses pembelajaran dalam suatu lembaga pendidikan sangat dibutuhkan serta hubungan baik antara pihak lembaga dengan orang tua/siswa dan masyarakat. Terkait manajemen dalam suatu lembaga pendidikan dapat disinggung dalam pembahasan, yaitu Madrasah dan problematikanya, manajemen kurikulum, manajemen sarana dan prasarana, manajemen kesiswaan dan manajemen keuangan serta tantangan manajemen. Dalam manajemen suatu lembaga pendidikan semua hal yang berkaitan dengan masalah pendidikan antara satu dengan yang lainnya harus memiliki korelasi yang tidak dapat dipisahkan. Jika salah satu bagian dari manajemen tidak berjalan yang terjadi adalah macetnya proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan tersebut.