Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)

Authors

  • Linda Irmawanti SMAN 1 Bengkayang, Kalimantan Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.603

Keywords:

pembelajaran kooperatif tipe stad;, motivasi belajar;, serta hasil belajar.

Abstract

Salah satu prioritas pemerintah, masyarakat pada umumnya, dan pemerintah pada khususnya adalah pendidikan. Penelitian ini didorong oleh fakta bahwa siswa mengalami kesulitan belajar akuntansi, dan kurangnya motivasi siswa untuk belajar dan memahami matematika menghasilkan kinerja akuntansi yang buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, motivasi belajar dan respon siswa ketika menerapkan model pembelajaran kolaboratif Student Success Course (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini berbentuk studi bersama dimana mahasiswa dibagi menjadi kelompok penelitian yang terdiri dari empat individu yang berbeda. Dalam kasus STAD, pertanyaan individu digunakan di akhir kursus. Topik penelitian adalah untuk tahun ajaran 2016/2017, dan jumlah siswa SMA adalah XII IPS 1. Bencayang memiliki 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD yang bermanfaat dapat memperkuat motivasi belajar siswa dengan prestasi di bidang siklus pertama rata-rata sebesar 65% kemudian mengalami peningkatan pada siklus kedua menjadi 80%. Kenaikan skor normal yang terjadi = 93,25 – 78,94 = 14,31. Dengan hasil pada siklus pertama dan siklus berikutnya, yang menunjukkan dorongan siswa belajar mempengaruhi skor akhir belajar siswa. Dapat terlihat bahwa 20 siswa setuju dan 12 siswa sangat setuju dan peningkatan ini jika dibandingkan dengan siklus sebelumnya, terdapat 6 siswa tidak setuju dan 7 siswa kurang setuju. Demikian pula dari hasil post-test, secara agregat 32 siswa dengan nilai pasti mengalami peningkatan yang belum pernah terjadi sebelumnya, tepatnya 100% siswa mencapai KKM dengan nilai di atas 75 pada kelas tipikal. Kesimpulannya, dengan pembelajaran kolaboratif STAD, pendidikan matematika dapat meningkatkan prestasi belajar, motivasi, dan respon positif siswa.

Downloads

Published

2022-03-12

How to Cite

Irmawanti, L. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(03), 294–308. https://doi.org/10.59141/japendi.v3i03.603