Peran Orang Tua dalam Mendampingi Kegiatan Belajar Anak Usia 5-6 Tahun pada Masa Pandemi COVID-19 di Paud Az Zahra

Main Article Content

Dini Andriani
Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
Rhoma Iskandar
Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

Latar Belakang: Saat ini hampir seluruh negara di dunia telah terjangkit virus corona (COVID-19). Guru dan murid dipaksakan untuk tetap belajar dan bekerja dari rumah, serta dipaksa untuk mengenal dan menerapkan metode pembelajaran baru yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran dalam jaringan. Kegiatan pembelajaran dalam jaringan ini membutuhkan peran aktif orang tua untuk mendampingi kegiatan belajar anak di rumah.


Tujuan: Peran orang tua dalam pendampingan kegiatan belajar anak pada masa pandemi COVID-19.


Metode: Menggunakan metode deskriptif kualitatif, data dikumpulkan dengan metode observasi dan wawancara terhadap Kepala Sekolah, dewan guru dan orang tua siswa PAUD Az Zahra, baik melalui virtual maupun melalui tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.


Hasil: Menyoroti bagaimana peranan orang tua dan apa saja kendala yang dihadapi orang tua dalam membantu kegiatan belajar anak serta solusi yang dapat diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut.


Kesimpulan: Peningkatan kesadaran orang tua terhadap peran mereka dalam mendampingi kegiatan belajar anak di rumah selama masa pandemi menjadikan kemampuan belajar dan aspek perkembangan anak semakin meningkat.


Keywords: peran orang tua, kegiatan belajar anak