On Off Kamera dan Implikasinya pada Perkuliahan Daring

Main Article Content

Siti Halawatus Sa’diyah
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Latar Belakang: Penyesuaian sistem pendidikan daring pada masa pandemi COVID-19  menimbulkan banyak permasalahan baru.


Tujuan: Mengetahui pengaruh on off kamera dan implikasinya pada perkuliahan daring mata kuliah islam dan sosial humaniora di fakultas ekonomi dan bisnis Islam program studi manajemen keuangan syariah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Metode: Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode kualitatif.


Hasil: Menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan perkuliahan daring yang dilakukan mahasiswa S1 Manajemen Keuangan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memanfaatkan beberapa media, diantaranya zoom meeting, google classroom, google meet, dan whatsapp group. 2) Bentuk-bentuk partisipasi mahasiswa dalam perkuliahan daring yaitu kemauan untuk berinteraksi, berani berpendapat, dan menyimak perkuliahan. 3) Menyalakan (on) kamera saat proses perkuliahan berimplikasi pada dampak positif yang ditimbulkan seperti pengukur tingkat pemahaman dan fokus mahasiswa terhadap pelajaran, terciptanya komunikasi, terciptanya ikatan emosional, dan Menghindari Kegiatan Diluar Proses Pembelajaran. 4) dampak positif mematikan kamera saat pembelajaran, yaitu Pertama, mengurangi beban kuota yang dikeluarkan dan kendala sinyal yang buruk, Kedua, Menambah kepercayaan diri karena tingkat kepercayaan diri seseorang berbeda-beda ada yang percaya diri juga off kamera ada juga yang lebih percaya diri dengan on kamera.


Kesimpulan: Penerapan pembelajaran daring meningkatkan  kemauan mahasiswa untuk berinteraksi, berani berpendapat, dan menyimak perkuliahan. Menyalakan (on) kamera dalam proses perkuliahan berimplikasi pada dampak positif yang ditimbulkan seperti  dapat mengukur tingkat pemahaman dan fokus mahasiswa terhadap pelajaran, terciptanya komunikasi, terciptanya ikatan emosional, dan menghindari kegiatan diluar proses pembelajaran.


 


Keywords: on, off, kamera, perkuliahan daring