Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran IPA Materi Daur Air Sekolah Dasar

Authors

  • Wayan Somayana SDN Amertasari Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.55

Keywords:

CTL; IPA; LKS; Pembelajaran

Abstract

Observasi awal di SDN Amertasari diketahui bahwa LKS IPA yang digunakan di kelas V A terpaku pada teks materi dan soal, dan kurang mengembangkan kegiatan siswa yang berkaitan dengan lingkungan siswa. Sehingga perlu adanya pengembangan LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi daur air. Rumusan masalah adalah bagaimanakah karakteristik, kevalidan, keefektifan dan kepraktisan LKS berbasis CTL pada pembelajaran IPA materi daur air kelas V SDN Amertasari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan LKS berbasis CTL. Jenis Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) menggunakan metode penelitian dari Sugiyono (2015: 409), terdiri dari beberapa tahap, meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, ujicoba pemakaian dan  produksi  masal. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Amertasari. Uji coba produk dilakukan di kelas V B dengan jumlah 8 siswa dan uji coba pemakaian dilakukan di kelas V A dengan jumlah 24 siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji t dan uji gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) LKS yang dikembangkan mengandung komponen CTL yang terdiri dari kegiatan percobaan dan pengamatan (2) LKS berbasis CTL valid berdasarkan validasi dari ahli materi, media dan guru. Didapatkan persentase dan kriteria kelayakan isi 86,5% (sangat layak), kelayakan penyajian 75% (layak), penilaian CTL 81,25% (layak), kelayakan kegrafikan 79,2% (layak), dan penilaian kebahasaan 85% (layak); (3) LKS berbasis CTL berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi uji t bernilai 0.000 < 0,05. Uji gain sebesar 0,37 dengan kriteria sedang; (4) persentase respons siswa dan guru setelah penggunaan LKS berbasis CTL secara klasikal 90,9% dengan kriteria sangat positif, persentase respons siswa secara klasikal 81,15% dengan kriteria positif.

Downloads

Published

2020-12-25

How to Cite

Wayan Somayana. (2020). Pengembangan LKS Berbasis Contextual Teaching And Learning Pada Pembelajaran IPA Materi Daur Air Sekolah Dasar . Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(04), 479–507. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i04.55