Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon

Authors

  • Dwi Nopiyadi STKIP Invada Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v1i02.10

Keywords:

Kebiasaan Membaca; Gaya Belajar Siswa; Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui seberapa besar 1) Pengaruh kebiasaan membaca dan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon, 2) Pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon, dan 3) Pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Sampel berukuran 90 siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa kelas X, XI, dan XII di SMA tersebut . Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus 2019 sampai  November 2019. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, penyebaran angket, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui metode regresi sederhana dan regresi ganda. Uji statistik dipergunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca dan gaya belajar secara bersama-sama terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung 16,147 > Ftabel 3.10. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kebiasaan membaca dan kemampuan berbicara bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig.0,019 < 0,05 dan thitung 2,394 > ttabel 1.98. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar siswa terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris di  SMA Santa Maria Cirebon. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung 5,068 > ttabel 1.98

Downloads

Published

2020-10-25

How to Cite

Dwi Nopiyadi. (2020). Pengaruh Kebiasaan Membaca dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris di SMA Santa Maria Cirebon. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(02), 192–200. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i02.10