Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v3i07.1176Keywords:
Manajemen, Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalisme GuruAbstract
Latar belakang penelitian ini menjelaskan bagaimana perencanaan manajemen, pelaksanaan, evaluasi dan kendala dan solusi supervisi kepala sekolah dalam meningkatan profesionalise guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen, proses pelaksanaan, evaluasi, kendala dan solusi supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatan profesionalise guru. Secara metodologis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan mereduksi, menyajikan, dan membuat kesimpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan manajemen supervisi kepala sekolah meningkatkan kompetensi guru dilakukan oleh Kepala Sekolah dalam pembinaan kompetensi guru di MI Al-Ihsan Padalarang akan dilaksanakan oleh guru sekolah dalam kurun waktu (satu periode) tertentu yaini rencana program jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, sedangkan proses pelaksanaan dengan melakukan komunikasi dengan Kemenag, KKG, dalam rangka peningkatan kualitas guru dan melalui kegiatan formal dan nonformal, evaluasi manajemen supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dengan membentuk tim panitia pelaksana evaluasi meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas dan guru senior dengan standar instrumen yang ditetapkan pemerintah, kendala manajemen supervisi Kepala Sekolah meningkatkan Kompetensi guru adalah kurang kompak dalam melaksanakan kegiatan atau program keagamaan, kurang memperhatikan kebersamaan. kurangnya sosialisasi terhadap kinerjanya, kurangnya kesadaran orangtua dalam memotivasi belajar peserta didik, kurangnya menjalin keharmonisan pihak sekolah dan orang tua.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.