Peningkatan Karakter Bertanggung Jawab Siswa Melalui Model discovery Learning

Authors

  • Basariah Basariah Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat
  • Mumbrita Sulaimi Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.144

Keywords:

karakter; bertanggung jawab; discovery learning.

Abstract

Riset ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan karakter bertanggung jawab siswa kelas VIII-J SMP Negeri 10 Mataram pada pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Discovery learning. Metode penelitian yang digunakan adalah  Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanan penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dari siklus I, jumlah indikator model Discovery learning sebagai variabel tindakan yang muncul sebanyak 29 deskriptor. Persentase munculnya variabel harapan berupa karakter bertanggung jawab siswa sebanyak 23 orang (71,4%). Mengingat siklus I belum mencapai indikator kinerja, maka dilakukan refleksi untuk mengetahui penyebab indikator kinerja belum tercapai. Berdasarkan hasil refleksi diadakan perbaikan agar kualitas pembelajaran pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 37 deskriptor (100%). Peningkatan kualitas variabel tindakan, kualitas variabel harapan meningkat pada siklus II. Karakter bertanggung jawab menunjukkan bahwa 27 siswa (84.4%). Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa karakter bertanggung jawab siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model Discovery learning pada siswa kelas VIII-J SMP Negeri 10 Mataram dalam pembelajaran PPKn.

Downloads

Published

2021-04-25

How to Cite

Basariah, B., & Sulaimi, M. . (2021). Peningkatan Karakter Bertanggung Jawab Siswa Melalui Model discovery Learning. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 598–607. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.144