Supervisi Klinis dengan Pendekatan Kolaboratif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.146Keywords:
kualitas pembelajaran; supervisi klinis; pendekatan kolaboratif.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kualitas pembelajaran guru melalui supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif di SMP Negeri 2 Pamotan Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Subyek penelitian ini adalah 20 orang guru. Guru menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) karena masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumen kegiatan pembelajaran dan observasi (pengamatan) pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan instrumen supervisi klinis pendekatan kolaboratif, lembar penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran, dan lembar penilaian pelaksanaan pembelajaran. Penelitian dirancang dalam dua siklus. Rata-rata hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran 74,35 (kategori cukup) pada siklus 1 dan 88,60 (kategori baik) pada siklus 2, berarti terjadi peningkatan 14,25. Sedangkan rata-rata hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran jarak jauh 71,70 (katagori cukup) pada siklus 1, dan rata-rata hasil pada Siklus 2 adalah 88,10 (katagori baik), terjadi peningkatan 16,40. Hasil penelitian menunjukkan, semua guru mampu menyiapkan rancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan baik serta memiliki dokumen pembelajaran jarak jauh berkategori baik.