Pelaksanaan Desain Pembelajaran Instruksional pada Pandemi COVID–19 Di Indonesia

Authors

  • Dinda Pratiwi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hartika Rhea Elita Immawan Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Mitami Mitami Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Ina Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.149

Keywords:

desain instruksional; pandemi; assure model.

Abstract

Desain instruksional dapat diartikan sebagai proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran beserta aktivitas yang harus dilakukan, perencanaan sumber-sumber pembelajaran yang dapat digunakan serta perencanaan evaluasi keberhasilan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dampak dari pandemic COVID – 19 pada pelaksanaan desain pembelajaran instruksional di Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah pandemi COVID-19 sangat membawa dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Dan dapat disimpulkan apakah pandemi COVID-19 berpengaruh atau tidak dalam penggunaan model desain pembelajaran pada proses belajar mengajar.

Downloads

Published

2021-04-25

How to Cite

Pratiwi, D. ., Elita Immawan, H. R. ., Mitami, M., & Magdalena, I. . (2021). Pelaksanaan Desain Pembelajaran Instruksional pada Pandemi COVID–19 Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 625–635. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.149