Peningkatan Hafalan Asmaul Husna Melalui Strategi Bernyanyi Pada Siswa SD Plus Muhammadiyah Subulussalam Kota Subulussalam
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i02.15Keywords:
Hafalan; Asmaul Husna; Strategi BernyanyiAbstract
Tujuan penelitian ini untuk membentuk siswa SD Plus Muhammadiyah Subulussalam Kota Subulussalam agar memiliki akhlak atau sifat seperti yang terdapat dalam makna yang terkandung dalam Asmaul Husna, bukan berarti memiliki sifat yang persis dengan sifat Allah. Akan tetapi dapat mencontoh, sebatas memiliki akhlak atau sifat yang memiliki kesamaan dengan bobot yang berbeda dengan sifat pengasih Allah, meski memiliki nama yang sama. Metode bernyanyi dapat meningkatkan prestasi tersebut karena siswa kreatif dan merasa senang dalam belajar, serta ikut bertanggungjawab akan suksesnya pembelajaran. Bahwa penerapan startegi bernyanyi dalam pembelajaran memiliki dampak positif dalam meningkatkan motivasi dan minat siswa terhadap pelajaran karena kegiatan berpuat kepada siswa (student oriented) dan bukan bersifat pada guru (teacher oriented). Hasil penelitian meninjukkan bahwa strategi bernyanyi dalam pembelajaran dalam Asmaul Husna memiliki peningkatan hafalan siswa dibuktikan pada pra siklus 45% , pada siklus I adalah 70% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 90%.