Integrasi Metode Pembelajaran Sosiodrama dan Media Komik Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Sesorah Sesuai Unggah-Ungguh Bahasa Jawa

Authors

  • Sri Handayani SMKN 1 Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1535

Keywords:

Metode sosiodrama, media komik bergambar, pembelajaran Sesorah

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru sangat berperan penting untuk menentukan keberhasilan dan efektivitas pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dan penggunaan media pembelajaran juga dapat berpengaruh positif terhadap proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan mengenai pengintegrasian metode sosiodrama dan media komik bergambar dalam pembelajaran Sesorah sesuai unggah-ungguh bahasa Jawa. Penelitian ini berbentuk penelitian studi kasus yang dilakukan di kelas XI MPLB 3 SMKN 1Surakarta. Teknik pengamgurubilan data dengan menggunakan observasi pada saat proses pembelajaran Sesorah dan wawancara dengan narasumber, siswa. Analisis data menggunakan analisis jalinan-mengalir dan analisis interaktif dengan tahapan, pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Dari hasil penelitian dapat ditemukan bahwa penggunaan metode sosiodrama dan media komik bergambar dapat menambah keaktifan siswa. Selanjutnya, pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif, semula masih berpusat pada guru, menjadi berpusat pada siswa. Pada akhirnya, hasil belajar siswa pada materi Sesorah menjadi lebih baik dari sebelumnya, karena minat belajar meningkat dan situasi pembelajarannya mengalami perubahan yang signifikan.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Handayani, S. (2023). Integrasi Metode Pembelajaran Sosiodrama dan Media Komik Bergambar dalam Pembelajaran Menulis Teks Sesorah Sesuai Unggah-Ungguh Bahasa Jawa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 41–51. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1535