Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di MTs Assalafiyah Sitanggal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Muhammad Ihsan MTS Assalafiyah Sitanggal Kecamatan Larangan Brebes, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1542

Keywords:

Peningkatan mutu, Supervisi Akademik;, pendidikan.

Abstract

Keberhasilan pendidikan pada satuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh peran kepala madrasah sebagai peneliti dalam kepemimpinan pembelajaran terhadap para guru . Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan mutu pembelajaran siswa,meningkatkan minat belajar siswa, meningkatkan kemampuan guru dalam pelaksanaan pembelajaran sehingga sesuai dengan standar yang telah ditetapakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat peningkatan yang terjadi dari siklus ke siklus. Metode deskriptif dapat diartikan sebagai prosedur pemecahan masalah yang diselidiki dengan menggambarkan/melukiskan keadaan subjek penelitian seseorang, lembaga, masyarakat, dan lain-lain) pada saat sekarang berdasarkan fakta-fakta yang tampak atau sebagaimana adanya. Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap sepuluh RPP yang dibuat guru (khusus pada siklus 1), diperoleh data bahwa masih ada guru yang tidak melengkapi RPP-nya dengan komponen dan sub-sub komponen RPP penerapan model pembelajaran tertentu, misalnya komponen indikator dan penilaian hasil belajar (pedoman penskoran dan kunci jawaban).  Rumusan kegiatan siswa pada komponen langkah-langkah kegiatan pembelajaran masih kurang interaktif, inspiratif,  dan sistematis.

Downloads

Published

2023-01-13

How to Cite

Ihsan, M. (2023). Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Di MTs Assalafiyah Sitanggal Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(01), 66–77. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i01.1542