Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VII C MTsN Kota Solok

Authors

  • Efnalti Arifin Mts Negeri Kota Solok, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.157

Keywords:

kreativitas; hasil belajar; ansambel music; metode demonstrasi.

Abstract

MTsN Kota Solok merupakan salah satu sekolah yang menerapkan materi pembelajaran ansambel musik. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di MTsN Kota Solok terlihat bahwa hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM. Salah satu penyebabnya adalah metode pembelajaran yang digunakan belum dapat meningkatkan kompetensi siswa. Tujuaan penelitian ini untuk meningkatkan kreativitas dan  hasil belajar siswa kelas VII C. Oleh karena itu diperlukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan  metode pembelajaran demonstrasi yang diharapkan dapat meningkatkan kompetensi siswa. Lokasi dan sasaran penelitian yang dipilih penelitian dalah MTsN Kota Solok yang beralamat di Tanah Garam, Lubuk Sikarah, Kota Solok. Penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber data yang digunakan adalah berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data memilih data (reduksi data), mendeskripsikan data hasil temuan (memaparkan data) dan penarikan kesimpulan hasil deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas dan  hasil belajar siswa kelas VII C. Peningkatan kreativitas yaitu: (1) Peningkatan kreativitas antara prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 2.5%, (2) Peningkatan kreativitas antara siklus I ke siklus II sebesar 43.75%. Peningkatan hasil belajar yaitu sebagai berikut: (1) Peningkatan hasil belajar antara prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 26.87%, (2) Peningkatan hasil belajar antara siklus I ke siklus II yaitu sebesar 12.5%.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Arifin, E. (2021). Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar pada Siswa Kelas VII C MTsN Kota Solok. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 803–817. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.157