Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika

Authors

  • Martinus Didik Setyawan Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Lukman El Hakim Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Tian Abdul Aziz Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592

Keywords:

virtual reality, kemampuan dialogis, pembelajaran matematika

Abstract

Pendidikan menjadi salah satu sektor yang harus beradapatasi akibat pesatnya perkembangan teknologi saat ini. Penggunaan teknologi dalam pembelajaran menjadi kebutuhan agar tercipta proses dan hasil pendidikan yang berkualitas dan sesuai perkembangan zaman. Virtual reality sebagai salah teknologi yang sedang dikembangkan dalam dunia pendidikan. tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji peran teknologi virtual reality yang digunakan sebagai media untuk membangun kemampuan dialogis siswa di dalam pembelajaran matematika. metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini adalah studi pustaka. data diambil dari berbagai literatur yang relevan berupa buku, artikel, jurnal, maupun sumber-sumber tertulis lainnya. data tersebut kemudian dianalisis dan dikaji sedemikian memperoleh hasil kajian yang disajikan secara deskriptif. hasil kajian yang diperoleh menunjukkan bahwa teknologi virtual reality dapat berperan untuk membangun kemampuan dialogis siswa dalam pembelajaran matematika. Peran tersebut akan maksimal bilamana guru mampu membuat dan menyajikan konten pembelajaran yang mampu menstimulus siswa untuk mengkritisi sebuah masalah dan mendorong siswa membangun dialog serta berargumen dengan siswa lain.

Downloads

Published

2023-02-10

How to Cite

Setyawan, M. D., El Hakim, L., & Aziz, T. A. . (2023). Kajian Peran Virtual Reality (VR) Untuk Membangun Kemampuan Dialogis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 122–131. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1592