“Mogok” Sekolah dan Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.161Keywords:
mogok; sekolah; anak usia dini.Abstract
Tujuaan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penyebab dan cara menangani anak mengalami mogok sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah Literature Review. Dalam artikel ini data diperoleh dari mengkaji beberapa sumber teori terkait mogok sekolah dan pengembangan kecerdasan anak usia dini serta pengamatan langsung di TKIT Alief Mardhiyah. Kemudian dianalisis melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, Drafting, Editting dan Redrafting. Berdasarkan hasil kajian literatur, diketahui ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk dapat menangani anak yang mengalami mogok sekolah antara lain perhatikan kondisi anak-anak sebelum tidur, pahami minat-bakat anak, memotivasi anak dengan hal-hal yang disukainya, orang tua tidak mengomel berkepanjangan, ciptakan rasa aman pada anak serta meningkatkan kerjasama antara orang tua dan sekolah.