Pengembangan Media Video Animasi Pembelajaran Seni Budaya Dalam Metode Demonstrasi Kelas VIII Di MTS
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1611Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran, Video Animasi, Metode Demonstrasi, Mata Pelajaran Seni Budaya.Abstract
Pengembangan media video animasi pembelajaran seni budaya dalam metode demonstrasi kelas viii di mts negeri 2 kaur. Berdasarkan masalah yang terdapat di mts negeri 2 kaur pada mata pelajaran seni budaya kelas viii. Faktor permasalahan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran yang dapat menampilkan gambar animasi yang berwarna, teks yang dilengkapi dengan audio agar peserta didik lebih semangat untuk belajar dan lebih mudah memahami materi pembelajaran yang disampaikan. Media video animasi dapat dijadikan alternatif untuk memperbaiki permasalahan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi atau bersifat lebih nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi yang valid dan praktis sesuai dengan kreteria kelayakan media dan kelayakan materi pada mata pelajaran seni budaya kelas viii di mts negeri 2 kaur. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau dikenal dengan istilah research and development (r&d), dengan menggunakan model pengembangan addie. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media video animasi dipelajaran seni budaya kelas viii mts menunjukkan bahwa pengembangan ini melalui lima langkah model pengembangan addie. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah media video animasi pada mata pelajaran seni budaya sudah layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sendi Rahmadayani, Darmansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.