Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Penabur

Authors

  • Parange Karol Tambunan Universitas Persada Indonesia
  • Ceria Pertiwi Universitas Persada Indonesia
  • Ridwan Satria Wicaksono Universitas Persada Indonesia
  • Dion Wahyudi Universitas Persada Indonesia
  • Veronika Simamora Universitas Persada Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1613

Keywords:

Penguasaan Konsep, Berpikir Kreatif, Mind Map, Metode Pembelajaran

Abstract

Mind map atau peta pikiran merupakan teknik pencatatan yang dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Tony Buzan. Mind map mengembangkan suatu teknik mencatat yang didasari oleh teori kerja otak sebelah kanan dan sebelah kiri untuk memahami, mengatur, mengorganisasi dan menyimpan informasi. Dalam penelitian ini, Mind Map digunakan sebagai metode  pembelajaran dan tehknik evaluasi. Penelitian ini menganalisis  pengaruh  dari  model  pembelajaran Mind 

Map  terhadap penguasaan konsep dengan hasil analisis data yang telah dilakukan dapat diketahui, juga  menganalisis pengaruh  model  pembelajaran Mind  Map terhadap evaluasi pembuatan Mind Map oleh siswa untuk mengukur  kemampuan berpikir  kreatif. Hasil dalam penugasan selama pertemuan dikelas selama beberapa kali pertemuan menunjukkan bahwa pembuatan Mind Map secara rutin  dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.  Instrumen  penelitian  yang  digunakan  adalah tes hasil belajar dan tugas penilaian mind map. Dapat disimpulkan bahwa penerapan mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar di Kelas VIII B SMPK 03 Penabur Jakarta. Dalam hipotesis yang kedua, peneliti  menyebutkan bahwa dengan menerapkan pembelajaran mind mapping maka kreativitas belajar peserta didik kelas VIII B SMPK 03 Penabur Jakarta, akan meningkat

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Tambunan, P. K., Pertiwi, C. ., Wicaksono, R. S. ., Wahyudi, D. ., & Simamora, V. . (2023). Penerapan Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa Penabur. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(02), 205–214. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1613