Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Pendekatan Saintifik Model Discovery Learning dengan Metode Diskusi Kelompok pada Tema Perubahan Sosial Budaya di Kelas Ix.G Mtsn Kota Solok
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.162Keywords:
hasil belajar; IPS; discovery learning.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang upaya meningkatkan hasil belajar IPS melalui pendekatan saintifik model discovery learning dengan metode diskusi kelompok pada tema Perubahan Sosial Budaya di kelas IX.G MTsN Kota Solok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali peretemuan dengan mengikuti empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan di kelas kelas IX.G MTsN Kota Solok pada pembelajaran IPS pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 dengan subjek siswa kelas IX.G MTsN Kota Solok yang berjumlah 20 orang, laki-laki sebanyak 10 orang dan perempuan 10 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes, catatan lapangan dan doumentasi. Data dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa sebesar 69.47 dan ketuntasan belajar mencapai 50 % atau ada 10 dari 20 siswa sudah tuntas belajar. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal siswa belum tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 hanya sebesar 50 % lebih kecil dari persentase ketuntasan yang dikehendaki. Pada siklus II secara klasikal siswa sudah tuntas belajar, karena siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 adalah 80 % dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80.93 dan ketuntasan belajar mencapai 80 % atau ada 16 siswa dari 20 siswa sudah tuntas belajar. Ini menujukkan bahwa melalui pendekatan saitifik dengan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX.G MTsN Kota Solok dengan tindakan pemberian reward.