Pengembangan Instrumen Kepuasan Kerja Guru Honorer
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.169Keywords:
kepuasan kerja guru honorer; pengembangan instrumen.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen kepuasan kerja guru honorer yang berfungsi untuk mengukur sejauh mana tingkat kepuasan kerja guru honorer. Metode penelitian ini menggunakan metode survey yang bertujuan untuk mendapatkan data dari tempat yang alamiah (bukan buatan) dengan mengumpulkan data untuk memperoleh gambaran lebih jelas tentang kepuasan kerja guru honorer. Satuan pendidikan pada umumnya ketika para pendidiknya bahagia dan nyaman terhadap kondisi dan suasana lingkungan kerja, pimpinan, dan penghargaan atas prestasi kerjanya akan maju dan berkembang. Oleh karena itu, pengembangan instrumen kepuasan kerja guru honorer perlu dibuat agar dapat mengidentifikasi kualitas pendidiknya. Disain penelitian ini memiliki tahapan berupa preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase dalam proses pengembangannya. Model penelitian ini dimodifikasi menjadi beberapa tahapan yang meliputi (1) fase investigasi awal, (2) fase desain, (3) fase realisasi, (4) fase tes, evaluasi, dan revisi, dan (5) fase implementasi. Subjek penelitian yaitu 50 responden guru honorer SD Negeri se-Kecamatan Bogor Timur. Ada 5 orang pakar yang memvalidasi instrumen, setelah dinyatakan valid selanjutnya dilakukan uji coba masing-masing butir pernyataan untuk menghitung tingkat validitas dan realiabilitas. Skala likert digunakan untuk 5 kategori pilihan jawaban (Sangat Setuju, Setuju, Ragu-Ragu, Tidak Setuju, dan Sangat Tidak Setuju). Hasil yang didapatkan sebagai kesimpulan yaitu: pernyataan pada butir pada instrumen kepuasan kerja guru honorer dapat dijadikan alat pengumpul data yaitu sebanyak 33 butir pernyataan. Berdasarkan kriteria reliabilitas, instrumen kepuasan kerja guru honorer menunjukkan kriteria reliabilitas sangat tinggi dengan tingkat reliabilitas 0,87.