Penerapan Pendekatan Group Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII B Semester 1 SMP Negeri 1 Semarapura Tahun Pelajaran 2022/2023

Authors

  • Ni Komang Taman SMP Negeri 1 Semarapura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1700

Keywords:

pendekatan, group problem solving, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Semarapura tahun pelajaran 2022/2023 dengan penerapan pendekatan group problem solving. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Semarapura tahun ajaran 2022/2023 sebanyak 39 orang. Data tentang hasil belajar matematika siswa dikumpulkan melalui tes berbentuk pilihan ganda. data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan group problem solving, dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa  kelas VII B SMP Negeri 1 Semarapura, yaitu dari nilai rata-rata sebesar 78,38 dengan daya serap 78,38% dan ketuntasan klasikal 76,92% pada siklus I dan rata-rata nilai menjadi 84,59, dengan daya serap 84,59 dan ketuntasan klasikal 92,31% pada siklus II dan berada pada kualifikasi baik. Selain itu, respon belajar siswa terhadap pembelajaran matematika yang diterapkan tergolong  tinggi.

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Taman, N. K. (2023). Penerapan Pendekatan Group Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII B Semester 1 SMP Negeri 1 Semarapura Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 324–335. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1700