Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Frisela Ratna Yuparing Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Bambang Budi Wiyono Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Eddy Sutadji Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1703

Keywords:

Pengembangan Instrumen, Asesmen, HOTS Matematika

Abstract

Di zaman rovolusi industri 4.0 ini, pendidikan menjadi hal yang urgen agar individu dapat bersaing dan bertahan hidup khususnya dimasa degragasi mental saat ini, salah satu upayanya melalui Kurikulum 2013 Revisi. Melalui kurikulum tersebut, diharapkan individu dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilannya agar menjadi manusia yang mandiri, unggul dan berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen HOTS yang valid dan praktis, sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas IV di SD Negeri 4 Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Model penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model RnD milik Sugiyono (2012: 298) yang terdiri atas 10 langkah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, kuesioner dan dokumentasi. Produk instrumen asesmen terdiri dari 5 butir soal pilihan ganda dan 5 soal uraian singkat yang memenuhi kriteria valid dan praktis.

 

 

Downloads

Published

2023-04-06

How to Cite

Yuparing, F. R., Wiyono, B. B. ., & Sutadji, E. . (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 311–323. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1703