Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1703Keywords:
Pengembangan Instrumen, Asesmen, HOTS MatematikaAbstract
Di zaman rovolusi industri 4.0 ini, pendidikan menjadi hal yang urgen agar individu dapat bersaing dan bertahan hidup khususnya dimasa degragasi mental saat ini, salah satu upayanya melalui Kurikulum 2013 Revisi. Melalui kurikulum tersebut, diharapkan individu dapat mengembangkan kompetensi dan keterampilannya agar menjadi manusia yang mandiri, unggul dan berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen asesmen HOTS yang valid dan praktis, sebagai upaya meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas IV di SD Negeri 4 Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Model penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model RnD milik Sugiyono (2012: 298) yang terdiri atas 10 langkah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi teknik tes, kuesioner dan dokumentasi. Produk instrumen asesmen terdiri dari 5 butir soal pilihan ganda dan 5 soal uraian singkat yang memenuhi kriteria valid dan praktis.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Frisela Ratna Yuparing, Bambang Budi Wiyono, Eddy Sutadji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.