Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Matriks Berdasarkan Skema Fong

Authors

  • Benny Wahyudi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syifa Mardliyah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nanang Priatna Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1716

Keywords:

matriks, HOTS, kesalahan, Skema Fong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi matriks. Jenis penelitian iniadalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes tertulis. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI AK-A dengan pengambilan subjek 16 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Jenis-jenis kesalahan yang muncl saat siswa menyelesaikan soal HOTS berdasarkan skema Fong adalah: (1) Tidak ada solusi (E1), (2) Menggunakan metode yang tidak relevan (E2), (3) Skema tidak lengkap tidak ada kesalahan, (4) Skema tidak lengkap dengan kesalahan, (5) Skema lengkap dengan kesalahan. Faktor-faktor penyebab kesalahan siswa adalah kurangnya kemampuan dalam memahami dan mencermati soal, tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal HOTS, tidak memahami konsep materi matriks dan soal penerapan materi matriks, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, tidak teliti dalam melakukan operasi perhitungan dan tidak mengecek kembali jawaban, tidak paham dengan perhitungan yang digunakan.

Downloads

Published

2023-04-11

How to Cite

Wahyudi, B., Mardliyah, S. ., & Priatna, N. . (2023). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Matriks Berdasarkan Skema Fong. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 355–368. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1716