Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres Lopana

Authors

  • Marien Pinontoan Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Claudia Pangemanan Universitas Negeri Manado, Indonesia
  • Yulmi Mottoh Universitas Negeri Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1734

Keywords:

Penerapan Model Pembelajaran, Berbasis Masalah, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SD Inpres Lopana. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Lopana yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. teknik pengolahan data melalui rumus persentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 64 % dan siklus II telah mencapai hasil 96 %. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS tentang kenampakan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Lopana. Bertolak dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.

 

Downloads

Published

2023-04-20

How to Cite

Pinontoan, M. ., Pangemanan, C. ., & Mottoh, Y. . (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres Lopana. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 193–404. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1734