Peran Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Sarah Amalyah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta
  • Erika Febriyanti Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta
  • Hari Wandika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta
  • Najmudin Najmudin Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.174

Keywords:

pendidikan; kepala sekolah; masa pandemi.

Abstract

Perubahan sistem pendidikan akibat pandemi COVID-19 telah menimbulkan berbagai kekhawatiran tentang nasib siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran pimpinan sekolah dasar dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan dasar pada saat pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan survei dengan melibatkan 221 Kepala Sekolah Dasar Negeri Depok di Jawa Barat.Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemi Covid 19, peran Kepala Sekolah adalah sebagai berikut: 73,04% guru, manajer (75,95%), administrator (78,33%), manajer (71,015%), eksekutif (68,01%), inovator (74,76%) )%) dan peran faktor motivasi (74,76%). Dalam proses pembelajaran, peran Kepala sekolah sangat penting. Kepala Sekolah  sebagai pintu gerbang tumbuh kembang anak dan pelestarian konsep hidup tentunya membutuhkan pengelolaan yang profesional. Inti dari penelitian ini adalah peran Kepala Sekolah sebagai administrator saat terjadi pandemi COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kepala Sekolah telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Hal ini menunjukkan bahwa selama pandemi Covid 19, peran Kepala Sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan di Depok menjadi prioritas untuk perencanaan rencana intervensi, pengelolaan anggaran, pelaksanaan rencana dan penggunaan anggaran.

Downloads

Published

2021-05-25

How to Cite

Amalyah, S., Febriyanti, E. ., Wandika , H. ., & Najmudin, N. (2021). Peran Kepala Sekolah Dasar Negeri dalam Penyelenggaraan Pendidikan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(05), 894–903. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i05.174