Analisis Penilaian PAI Terhadap Multiple Intellegence Siswa Berbasis Kurikulum Merdeka

Authors

  • Dara Apriliana Chan IAIN Langsa, Indonesia
  • Nurmawati Nurmawati IAIN Langsa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1750

Keywords:

Penilaian PAI, Multiple Intellegence, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penilaian PAI terhadap Multiple Intellegence siswa berbasis Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif ( Studi kasus pada kelas X SMA Unggul Cut Nyak Dhien Langsa) dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kepada pendidik di SMA Unggul Cut Nyak Dhien Langsa selaku subjek penelitian dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan bahwa Proses pembelajaran PAI di SMA Unggul Cut Nyak Dhien Langsa sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan proses pembelajaran di sekolah pada umumnya. Bedanya, sekolah ini menggunakan pendekatan multiple intelligence. Ketika menggunakan pendekatan ini, guru harus membuat pembelajaran menjadi kreatif, menarik, menyenangkan dan memotivasi siswa. Dalam proses pembelajaran PAI ini guru menggunakan berbagai metode dan strategi pembelajaran yang ada agar siswa tidak merasa jenuh dan jenuh dalam proses pembelajaran. Pembelajaran terapan juga menggunakan nilai-nilai yang lebih praktis, atau dengan langsung mempraktekkan setelah mengajarkan materi, tujuannya agar siswa dapat memahami materi yang diajarkan dengan lebih mudah dan lebih baik. Guru menggunakan strategi dan metode tertentu dalam mengajar, tentunya penggunaan strategi dan metode tersebut didasarkan pada kemampuan intelektual siswa.

Downloads

Published

2023-04-25

How to Cite

Chan, D. A., & Nurmawati, N. (2023). Analisis Penilaian PAI Terhadap Multiple Intellegence Siswa Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(04), 405–411. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i04.1750