Pemanfaatan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV MIN 19 Bireuen Dengan Materi Sumber Daya Alam

Authors

  • Amar Halim MIN 19 Bireuen Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1762

Keywords:

Pemanfaatan media konkret, hasil belajar, Materi sumber daya alam

Abstract

Sumber daya alam merupakan pokok utama dalam kehidupan manusia. Manusia yang dianugerahi ilmu pengetahuan kemudian melakukan pengembangan dan eksplorasi untuk menemukan berbagai sumber daya alam yang tersedia dibumi, dan dimanfaatkan oleh segenap makhluk untuk melangsungkan kehidupan di bumi. Sumber daya yang tersedia dibumi itu dapat di golongkan kepada dua macam berdasarkan sifatnya yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Lingkungan tempat tinggal manusia adalah salah satu sumber daya alam  yang dapat diolah oleh manusia itu sendiri. Adakalanya manusia cukup melakukan hal-hal yang sederhana dalam mengolah sumber daya alam tersebut dan tak perlu  menunggu waktu yang lama maka akan memperolah hasil yang sudah bisa di manfaatkan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan siswa tentang sumber daya alam di lingkungan sekitar. Data ataupun objek dari penelitian ini adalah siswa-siswa kelas IV MIN 19 Bireuen dengan jumlah 20 orang terdiri dari 4 orang siswa perempuan dan 16 orang siswa laki-laki. Metode penelitian yang digunakan adalah kuatitatif. Pada siklus I terlihat bahwa persentase hasil belajar siswa mencapai 37.93%. hal ini menunjukan bahwa siswa belum sepenuhnya mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II telah mengalami penigkatan hasil belajar kelas mencapai 86.20%, dan pada siklus III mencapai 96.55%, hal ini menunjukan ada peningkatan rata-rata kelas.

Downloads

Published

2023-05-09

How to Cite

Halim, A. (2023). Pemanfaatan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV MIN 19 Bireuen Dengan Materi Sumber Daya Alam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 416–427. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1762