Pengaruh Penerapan Diet Rendah Glikemik Pada Perubahan Manifestasi Klinis Dan Penanda Inflamasi Wanita Dengan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS)

Authors

  • Syafa Danissa Maulitanti Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Uning Marlina Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Yudith Annisa Ayu Rezkitha Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Dewi Masitha Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1838

Keywords:

Diet rendah indeks glikemik , sindrom ovarium polikistik, indeks masa tubuh menstruasi, kehamilan, penanda inflamasi

Abstract

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah gangguan hormonal pada wanita. Sebanyak 38-88% wanita PCOS diseluruh dunia memiliki berat badan berlebih, dan diet dapat merubah gejala klinis dan penanda inflamasi pada wanita PCOS. Melalui telaah literature ini akan menyampaikan hasil pengkajian terhadap pengaruh penerapan diet rendah glikemik pada perubahan manifestasi klinis dan penanda inflamasi wanita dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Penulisan literature review ini mengumpulkan dan menganalisis artikel-artikel penelitian yg dicari menggunakan format free full text, dari tahun 2012 s.d. 2023, dengan platform Google Schoolar, Bahasa Indonesia dan Inggris, dan menggunakan kata kunci; Low glycemic index diet, polycystic ovary syndrome, body mass index, menstruation, pregnancy, inflammatory markers. Didapatkan 20 jurnal yang berkaitan dengan kata kunci tersebut. Terdapat perubahan manifestasi klinis dan penanda inflamasi pada wanita dengan PCOS setelah melakukan diet rendah indkes glikemik. Penurunan indeks massa tubuh pada wanita PCOS mulai terjadi pada minggu ke-12 s.d. 27  setelah melakukan diet rendah indeks glikemik. Menstruasi pada wanita PCOS mulai terjadi pada minggu ke-12 s.d. 24 setelah melakukan diet rendah indeks glikemik. Kehamilan pada wanita PCOS mulai terjadi pada minggu ke-8 s.d. 32 setelah melakukan diet rendah indeks glikemik. Penurunan kadar CRP, IL-6, dan TNF-α pada wanita PCOS mulai terjadi pada minggu ke-10 s.d. 12 setelah melakukan diet rendah indeks glikemik. Penerapan diet rendah glikemik berpengaruh pada perubahan manifestasi klinis dan penanda inflamasi wanita dengan PCOS.

Downloads

Published

2023-05-29

How to Cite

Maulitanti, S. D., Marlina, U., Rezkitha, Y. A. A. ., & Masitha, D. . (2023). Pengaruh Penerapan Diet Rendah Glikemik Pada Perubahan Manifestasi Klinis Dan Penanda Inflamasi Wanita Dengan Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(05), 489–504. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1838