Tantangan Gender Dalam Pendidikan Islam di Pulau Lombok
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i05.1844Keywords:
Gender, Pendidikan Islam, LombokAbstract
Penelitian ini membahas tentang gender dan pendidikan Islam di Pulau Lombok, Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran gender dalam pendidikan Islam di Lombok dan mengeksplorasi bagaimana pendidikan Islam dapat mempengaruhi pemahaman gender di masyarakat setempat. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pemantauan mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran gender sangat penting dalam pendidikan Islam di Lombok dan terdapat perbedaan yang signifikan antara peran laki-laki dan perempuan dalam konteks pendidikan Islam. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pendidikan Islam dapat mempengaruhi pemahaman gender di masyarakat setempat namun masih sangat minim peran perempuan dalam bidang pendidikan islam dipulau lombok. Pendidikan Islam yang dianggap sebagai agama yang menempatkan laki-laki sebagai pemimpin dan penjaga keluarga dapat memperkuat pemahaman gender yang patriarkal di masyarakat setempat. Namun, terdapat juga pemahaman gender yang inklusif yang dapat ditemukan dalam praktik keagamaan di Lombok. Oleh karena itu, penelitian ini menyarankan adanya pendekatan pendidikan yang lebih inklusif dan memperhatikan peran gender dalam pengajaran agama Islam dan butuh perhatian khusus untuk menginplementasikan gender dalam pendidikan islam.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hilmi Sopian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.