Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz pada Mata Pelajaran Matematika

Authors

  • Asna Tiana Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
  • Apri Damai Sagita Krissandi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta
  • Marciana Sarwi Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.189

Keywords:

peningkatan motivasi dan hasil belajar; media game quizizz; matematika.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji penerapan media game Quizizz untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik dalam pelajaran Matematika. Materi pecahan menjadi fokus dalam penelitian ini yang dipelajari peserta didik kelas III di SD Kanisius Kintelan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini berjenis Penelitian Tindakan Kelas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil observasi pada proses pembelajaran dibahas sebagai data kualitatif sedangkan hasil tes siswa dibahas sebagai data kuantitatif. Penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD Kanisius Kintelan pada mata pelajaran Matematika materi pecahan. Peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media game Quizizz mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika materi pecahan siswa kelas III SD Kanisius Kintelan.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Tiana, A., Sagita Krissandi , A. D. ., & Sarwi , M. . (2021). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Quizizz pada Mata Pelajaran Matematika . Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 943–952. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.189