Analisis Kemampuan Literasi Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v4i6.1892Keywords:
Kemampuan Literasi Matematika, Masalah Matematika, Materi Bangun Ruang Sisi LemgkungAbstract
Tujuan Penelitian untuk mengetahui kemampuan literasi siswa SMP dalam menyelesaikan masalah matematika kelas IX MTS Ikhwanul Muslimin Bekasi pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode penelitian yang digunakan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika siswa pada materi bangun ruang sisi lengkung menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengembilan sampel dilakukan dengan teknik Purpose Sampling yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian yang dilakukan. Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX sebanyak 24 siswa MTs Ikhwanul Muslimin tahun ajaran 2021-2022 setelah melakukan analisis penulisan dapat menarik kesimpulan bahwa hasil literasi matematika siswa sebesar 67,5% tegolong dalam kemampuan literasi matematika dengan kategori Tinggi, konsep, fakta, dan prosedur matematika sebesar 42,5% tergolong dalam kemampuan literasi matematika dengan kategori cukup, menginterpretasikan dan mengkomunikasikan hasil sebesar 45% tergolong dalam kemampuan literasi matematika kategori cukup, serta model matematika berdasarkan informasi sebesar 63% tergolong kemampuan literasi matematika dengan kategori tinggi. Semakin tinggi kemampuan literasi matematikanya maka semakin tinggi pula kemampuan kemampuan siswa dalam menyelesaikan sebuah permasalahan matematika terutama yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rudi Syaali, Irma Della Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.