Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SDN Kalinegoro 6

Authors

  • Erna Kholifah Universitas Sanata Dharma
  • Apri Damai Sagita Krissandi Universitas Sanata Dharma
  • Marciana Sarwi SD Negeri Kalinegoro 6

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.192

Keywords:

percaya diri; hasil belajar; model pembelajaran inkuiri.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri; meningkatkan percaya diri dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan angket. Subjek penelitian 17 siswa pada kelas V SDN Kalinegoro 6. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; upaya peningkatan percaya diri dan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran inkuiri melalui tahapan orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan dan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan percaya diri siswa; dari kondisi awal rerata percaya diri siswa sebesar 51% meningkat menjadi 71% (siklus I), meningkat menjadi 92% (siklus II) dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari nilai rerata kondisi awal sebesar 20; meningkat menjadi 69,4 (siklus I); dan meningkat menjadi 80 (siklus II).

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Kholifah, E., Sagita Krissandi, A. D. ., & Sarwi, M. . (2021). Peningkatan Percaya Diri dan Hasil Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Kelas V SDN Kalinegoro 6. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 978–992. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.192