Model Pembelajaran Flute pada Siswa Kelas 6 di Sekolah Dasar Kristen Bina Bakti 2 Matius Bandung
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.197Keywords:
flute; insttrumen music; pembelajaran; sekolah dasar.Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses model pembelajaran Flute Pada Siswa Kelas 6 di Sekolah Dasar Bina Bakti 2 Matius Bandung. Berawal dari rumusan masalah yang bertujuan untuk mengetahui, menggambarkan dan mendeskripsikan pembelajaran Flute kelas 6 di Sekolah Dasar Kristen 2 Bina Bakti Matius Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan dan menyebutkan berbagai data yang berhasil dikumpulkan dari lapangan secara terperinci dan fokus pada pokok bahasan yang telah diteliti melalui bantuan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Sekolah Dasar Kristen Bina Bakti 2 Matius Bandung ini merupakan satu-satunya sekolah di Bandung yang menjadikan pembelajaran instrumen musik sebagai pelajaran Intrakurikuler. Hal tersebut memberikan hasil yang memuaskan yaitu dengan tercapainya standar kompetensi yang dirancang sebelumnya. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian nilai 3 objek penelitian (siswa kelas 6 yang memilih flute sebagai instrumen pilihannya) dari evaluasi Ujian Tengah Semester yang dilakukan.