Manusia Sebagai Subjek dan Objek Pendidikan (Analisis Semantik Manusia dalam Filsafat Pendidikan Islam)
DOI:
https://doi.org/10.59141/japendi.v1i02.20Keywords:
Semanti; Objek; Subjek Pendidikan.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan kajian bahwa manusia sebagai makhluk yang berakal budi (mampu menguasai makhluk lain), dikaji dari sudut pandang filsafat, tentang hakekat (esensi) manusia, yang diselidiki melalui tiga langkah, yaitu: etimologi, materialisme, dan humanisme. Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif naratif yaitu sebuah pendekatan penelitian yang menggunakan diskripsi-deskripsi baik secara lisan maupun tulisan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah bersifat deskriptif kualitatif. Sedangkan sumber data dalam proses penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kedudukan mansuia sebagai subjek dan objek pendidikan melalui analsis semantik manusia dalam filsafat pendidikan islam. Setelah dilakukan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa manusia merupakan satu hakekat yang mempunyai dua dimensi, yaitu dimensi material (jasad) dan dimensi immaterial (ruh, jiwa, akal dan sebagainya). Yang mana, unsur jasad akan hancur dengan kematian, sedangkan unsur jiwa akan tetap dan bangkit kembali pada hari kiamat