Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa

Authors

  • Anisah Mawardah Simatupang Universitas Negeri Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125

Keywords:

pengembangan, bahan ajar, handout, teks cerita pendek, nilai pendidikan karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter pada siswa. Metode dalam pengembangan ini menggunakan metode R&D yang dikemukakan oleh Borg and Gall dan dimodifikasi menjadi enam tahapan pengembangan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi produk dan bentuk produk. Pengembangan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter divalidasi oleh dua validator yakni validasi oleh ahli materi dengan perolehan skor 84,28% termasuk dalam kategori sangat baik, validasi oleh ahli desain dengan perolehan skor 94,16% termasuk dalam kategori sangat baik, penilaian guru bidang studi dengan perolehan skor 95% termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga memperoleh nilai rata-rata mencapai 91,14% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penilaian keseluruhan dari kelayakan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter pada siswa kelas XI ini memiliki kualitas layak digunakan dan dapat diterima sebagai salah satu bahan ajar dengan kategori sangat layak.

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Simatupang, A. M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Teks Cerita Pendek Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 765–773. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125