Upaya Perbaikan Miskonsepsi yang Terjadi pada Siswa Tentang Konsep Virus

Authors

  • Muhamad Ramdan Gumilar Universitas Halim Sanusi Bandung
  • Dede Sustri Universitas Halim Sanusi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.206

Keywords:

miskonsepsi; perbaikan miskonsepsi; virus.

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan membenahi miskonsepsi tentang konsep virus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA. Menggunakan sampel sebanyak dua kelas dari lima kelas. Berdasarkan hasil penelitian, memperbaiki miskonsepsi pada konsep virus yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan dengan analogi dan simulasi konsep yang jarang terlihat dalam kehidupan sehari-hari seperti konsep virus dengan menggunakan media pembelajaran multimedia. Hasil penelitian memperbaiki miskonsepsi yang dilakukan pada miskonsepsi menggunakan media pembelajaran multimedia menunjukkan peningkatan miskonsepsi pada penyelesaian pembelajaran, miskonsepsi mengalami peningkatan yang relatif signifikan jika ditinjau berdasarkan persentase per-sub konsep dengan miskonsepsi awal 20,95% berubah menjadi 18,75% pada sub-konsep pengertian tentang virus.

Downloads

Published

2021-06-25

How to Cite

Ramdan Gumilar, M., & Sustri, D. . (2021). Upaya Perbaikan Miskonsepsi yang Terjadi pada Siswa Tentang Konsep Virus. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(06), 1062–1069. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i06.206